Analisis Pengaruh Ilustrasi pada Buku Pembelajaran Fonik untuk Pembaca Awal

Oendy, Felicia (2025) Analisis Pengaruh Ilustrasi pada Buku Pembelajaran Fonik untuk Pembaca Awal. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (722kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (82kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (299kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (136kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Kemampuan membaca sangat penting karena merupakan fondasi yang diajarkan untuk mempersiapkan anak sejak dini agar dapat memahami materi di tingkat selanjutnya. Salah satu metode pembelajaran membaca yang tepat adalah metode fonik, yaitu metode yang mengajarkan membaca dengan mengenalkan kepada bunyi huruf dan merangkainya menjadi suatu kata, akan tetapi metode ini masih terbatas digunakan di Indonesia. Selain itu, kebanyakan ilustrasi yang digunakan dalam buku membaca seringkali tidak konsisten secara gaya gambar, dan tidak mendukung pemahaman anak dalam memahami arti dari kata yang ia pelajari. Sebagai upaya dalam mengurangi angka buta huruf di Indonesia, maka dilakukan penelitian bersama dengan Gernas Tastaba dari Yayasan Penggerak Indonesia Cerdas yang memiliki inovasi dalam mengembangkan paket buku fonik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh ilustrasi pada buku pembelajaran fonik terhadap pemahaman membaca pembaca awal. Teori yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah Cognitive load theory, yang membahas ilustrasi seperti apa yang dapat mempengaruhi beban kognitif anak dalam pembelajaran membaca. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berlandaskan kepada pemaparan data secara deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, studi eksisting, studi referensi, studi literatur, dan user testing. Hasil dari penelitian ini adalah berupa analisis pengaruh ilustrasi buku belajar membaca fonik terhadap pemahaman kata atau bacaan anak.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Pembaca Awal, Metode Fonik, Ilutrasi, Buku Membaca
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2025 13:10
Last Modified: 06 Jul 2025 13:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37947

Actions (login required)

View Item View Item