Aktivitas Pengelolaan Media Sosial di PT Lautan Luas Tbk

Filandi Wijaya, Kezia (2025) Aktivitas Pengelolaan Media Sosial di PT Lautan Luas Tbk. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (494kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (466kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (559kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (54kB)

Abstract

Dalam lanskap industri bahan kimia dasar Indonesia yang sangat kompetitif dan vital bagi perekonomian, komunikasi strategis memegang peranan kunci dalam membentuk dan menjaga reputasi perusahaan. Tujuan dari program magang di PT Lautan Luas Tbk adalah untuk menjembatani pengetahuan teoritis ilmu komunikasi dengan aplikasi praktisnya di lingkungan perusahaan, melalui pemahaman mendalam terhadap alur kerja departemen Corporate Communication serta pengasahan kompetensi teknis dan interpersonal. Penulis menjalankan fungsi sebagai Social Media Specialist Intern dengan mengadopsi kerangka kerja SOSTAC, dimulai dari analisis SWOT untuk memahami situasi. Tanggung jawab praktisnya mencakup seluruh siklus manajemen konten, mulai dari perencanaan dalam kalender editorial, produksi konten visual dan naratif yang berlandaskan pilar komunikasi perusahaan, hingga berinteraksi dengan pengikut di media sosial Instagram @lautanluas.id. Output utama dari kegiatan ini adalah serangkaian konten yang berhasil dipublikasikan untuk merefleksikan nilai inti perusahaan "LTLS" serta tagline "Bettering Your World"/ di samping output kreatif, penulis juga menyusun laporan analitis mengenai performa konten secara periodik yang dilengkapi dengan usulan-usulan perbaikan strategis. Sebagai simpulan pembelajaran, pengalaman ini menegaskan bahwa untuk berhasil di industri B2B, komunikasi korporat harus mampu menyajikan topik teknis melalui penceritaan yang humanis, serta menekankan krusialnya penerapan alur kerja yang sistematis dan berbasis data.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Komunikasi Korporat, Media Sosial, Kerangka SOSTAC, Industri Kimia, Manajemen Reputasi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Aug 2025 13:05
Last Modified: 02 Aug 2025 13:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39753

Actions (login required)

View Item View Item