Made Diva Adhi Wiguna, I (2025) Penerapan Prinsip Visual & Photographic Communication dalam Praktik Desain Grafis di PT Timedoor Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (778kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (792kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (840kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (555kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan prinsip Visual & Photographic Communication dalam praktik desain grafis di PT Timedoor Indonesia. Penulis menggunakan metode observasi langsung, partisipasi aktif sebagai desainer grafis magang, serta dokumentasi proses kerja dari Februari hingga Mei 2025. Selama magang, penulis mengamati penerapan teori komunikasi visual yang telah dipelajari di perkuliahan, terutama dalam pembuatan materi visual edukatif untuk anak dan remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip visual seperti pemilihan warna, tipografi, dan komposisi yang disesuaikan dengan karakter audiens dapat meningkatkan efektivitas pesan visual. Selain itu, kolaborasi dengan tim kreatif serta pemanfaatan perangkat lunak desain modern turut memperkuat hasil desain yang komunikatif dan fungsional. Penelitian ini membuktikan bahwa teori yang diperoleh di kelas dapat diterapkan secara nyata dalam industri kreatif, serta memberikan pengalaman kerja yang relevan. Pengalaman ini turut berkontribusi dalam penguatan kompetensi penulis di bidang desain grafis dan membangun keterkaitan langsung antara dunia pendidikan tinggi dengan kebutuhan industri kreatif saat ini.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi Visual, Desain Grafis, Magang vii Penerapan Prinsip Visual..., |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 13:03 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 13:03 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |