Alfiya Fauza, Nadzwa (2024) Analisis Faktor yang Memengaruhi Behavioral Intention to use Aplikasi E-Grocery Astro. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (779kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (856kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (936kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (350kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (600kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) |
Abstract
Pandemi telah mengubah perilaku belanja konsumen, di mana salah satu dampak signifikan adalah kebiasaan berbelanja secara online. Sejak pandemi 2020, aplikasi e-grocery telah mengalami pertumbuhan yang signifikan di Indonesia, dengan permintaan untuk layanan belanja online yang melonjak. Meskipun belanja online semakin populer, konsumen Indonesia cenderung lebih memilih belanja di toko fisik pasca-pandemi. Astro menghadapi tantangan dalam mempertahankan pengguna dan bersaing dengan platform e- grocery besar, karena pangsa pasar yang masih kecil jika dibandingkan dengan pesaing. Selain itu, adanya ulasan negatif dari pengguna juga yang mempengaruhi niat mereka untuk terus menggunakan aplikasi Astro. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meneliti faktor-faktor yang dapat mendorong minat terus menggunakan pada aplikasi e-grocery Astro. Peneliti menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) yang telah diperluas dengan penambahan sejumlah konstruk. Data penelitian ini diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner online yang diolah dengan metode regresi linear berganda menggunakan software IBM SPSS Statistics versi 26. Target sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 145 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived Enjoyment, Perceived Risk, dan Subjective Norms memiliki pengaruh terhadap Behavioral Intention to Use aplikasi e-grocery Astro. Sedangkan Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use tidak memiliki pengaruh terhadap Behavioral Intention to Use aplikasi e-grocery Astro.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Alfiya Fauza, Nadzwa (00000056869) |
Contributors: | Alexandra, Yoanita |
Keywords: | Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Enjoyment, Perceived Risk, Subjective Norms, Behavioral Intention to Use |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40102 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |